Senin, 04 April 2011

Apa Itu Filsafat ?


kadang orang salah menilai dengan yang namanya filsafat, namun perlu diketahui bahwasanya filsafat itu adalah induk bagi semua ilmu, kenapa bisa dikatakan seperti itu..???

pertama kita lihat dari pengertian filsafat dari segi bahasa, kata “filsafat” ini dari akar katanya, dari mana kata ini datang. Kata “filsafat” berasal dari bahasa Yunani, philosophia: philein artinya cinta, mencintai, philos pecinta, sophia kebijaksanaan atau hikmat. Jadi filsafat artinya “cinta akan kebijaksanaan”. Cinta artinya hasrat yang besar atau yang berkobar-kobar atau yang sungguh-sungguh. Kebijaksanaan artinya kebenaran sejati atau kebenaran yang sesungguhnya. Filsafat berarti hasrat atau keinginan yang sungguh akan kebenaran sejati.

dan perlu diketahui juga, bahwasanya secara tidak langsung semua manusia itu berfilsafat. kita bisa melihat ketika kita bertanya sesuatu "apa", "kenapa", "bagaimana" dalam bentuk apa pun, dan tujuan dari kita bertanya seperti agar kita mengetahui sesuatu yang belum kita ketahui ssebelumnya. dan itulah yang menjadi dasar kita mempelajari filsafat.. yakni untuk mendapatkan kebenaran yang belum kita ketahui sebelumnya. dan tambahan juga, berfilsafat tidak hanya bertujuan untuk mengetahui kebenaran yang belum ada tetapi berfilsafat juga memperkuat kebenaran yang sudah ada. artinya, kebenaran yang ada itu tidak hanya kita terima begitu saja, tetapi kita harus berfikir keritis, kita harus mempertanyakan dan mencari kebenaran itu sampai ke akar-akarnya.

kita ambil contoh dalam agama islam. dalam islam kita disuruh ibadah, seperti misalnya solat, nah, selaku orang berfikir kritis (filosof) dia akan mempertanyakan kenapa dia harus solat? apa manfaat solat itu sendiri.? dan buat apa kita solat.? ketika orang itu sudah mengetahui dari esensi solat itu maka orang itu akan menjalankan nya tanpa ada paksaan, berbeda dengan orang yang langsung menerima begitu saja, ketika allah memerintahkan kita untuk salat orang itu hanya langsung menjalankannya saja, dan ketika ditanya kenapa kamu solat..?? orang itu akan menjawab "yah, karena ini kewajiban, merupakan perintah tuhan dan kalo enggak menjalankan nya masuk neraka" padahal Allah memberikan kita akal untuk berfikir, dan dalam alquran pun Allah menyuruh kita menggunakan akal itu dengan baik. beda ketika orang yang sudah tahu esensi tentang solat.

mungkit itu hanya sebatas salah satu permasalahan yang ada, dan kita harus mengetahui bahwa filsafat itu bisa digunakan dalam setiap apa pun..
jadi berfilsafatlah jika kalian pengen bener bener puas...

kalo misal nya ada yang mau di tanyakan silahkan, dan insyaAllah kita akan mendiskusikannya.
makasih semuanya.

0 komentar:

Posting Komentar